PENGERTIAN MARKETING MIX
Pengertian marketing Mix
yang akan saya bahas dalam artikel ini berdasarkan apa yang saya pahami
di bangku kulyah dalam pelajaran manajemen pemasaran, kita terkadang
sering mendengar, sering membaca dan bahkan pempelajarinya namun karena
manusia tempatnyasalah dan lupa akhirnya apa yang telah terjadi kerap
sekali dilupakan atau terlupakan tanpa sengaja karena sibuk dengan hal
lain, itulah sebabnya saya tulis artikel ini bertujuan untuk membantu
yang membutuhkannya untuk kembali mengingat apa itu pengertian marketing
Mix.
Pengertian marketing Mix
Secara bahasa adalah Bauran Pemasaran, sedangkan menurut istilah
marketing Mix adalah strategi pemasaran yang di laksanakan secara
terpadu atau strategi pemasaran yang di lakukan secara bersamaan dalam
menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing Mix itu sendiri.
Pengertian Marketing Mix menurut pakar marketing dunia yaitu Kotler dan Amstrong pada tahun 1997 berbunyi :
“ Marketing mix as the set of
controllable marketing variables that the firm bleads to produce the
response it wants in the target market”
Bahasa indonesianya kurang lebih : ” Marketing
Mix adalah sekumpulan variable – variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat
penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran“
Marketing Mix sendiri didalamnya terdapat beberapa elemen marketing kalau jaman dahulu dikenal dengan unsur 4P , namun seiring berkembangnya jaman makin modern kini ada yang mengatakan marketing mix ada 7P
artinya ada penambahan Tiga strategi lagi. bukan perkara salah atau
benar dari kedua pendapat di atas tapi yang namanya strategi menurut
saya kita bebas menambahkan selama apa yang ditambahkan bisa menjadikan
strategi pemasaran yang kita lakukan semakin hebat.
Apa saja unsur – unsur marketing Mix baik 4P atau 7P tersebut, berikut disebutkan :
- Produk
- Price
- Promotion
- Place
- Partisipant/ People
- Proses
- Physical Evidence
Marketing Mix Product :
Produk sendiri terbagi dua yaitu produk
nyata bisadilihat dan produk tidak nyata atau jasa hanyabisa di rasakan
tapi tidak bisa di lihat. Dalam hal produk perlu di perhatikan kualitas,
layanan, dll karena konsumen ketika membeli bukan hanya sekedar ingin
tapi juga membutuhkan dan harus kita perhatikan kepuasan konsumen
terhadap produk yang kita tawarkan.
Marketing Mix Price :
Strategi dalam menentukan harga yang
kita tawarkan kepada konsumen , karena harga juga penentu apakah
konsumen mau membeli produk kita atau tidak.
Marketing Mix Promotion / Promosi :
Merupakan strategi dalam
mengkomunikasikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada
pembeli, dalamhal ini kita harus pandai – pandai menyusun strategi
promosi agar produk kita bisa dikenal olehkonsumen.
Marketing Mix Place:
Sering juga di sebut saluran distribusi,
yang berarti keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk
disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau
pemakai.
Marketing Mix Partisipant or People :
Partisipant atau people yang di maksud
adalah mereka yang ikut berpartisipasi dalam startegi pemasaran produk
atau jasa, misal dalam usaha restoran maka yang di maksud adalah para
kasir, pelayan, dan penjual sayur dll.baik yang terlibat langsung mau
pun tidak.
MarketingMix Procces :
Kegiatan marketing mix yang menunjukan
bagaimana proses pelayanan yang di berikan kepada konsumen pada saat
melakukan pembelian produk atau jasa yang kita tawarkan.
Marketing Mix Physical Evidence / Lingkungan Fisik :
merupakan Lingkungan fisik yang
berkaitan dengan keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk
suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling jelas dan
nampak dalam kaitannya dengan situasi pemasaran . maksud dari situasi
ini adalah keadaan atau situasi dan kondisi secara geografi, lingkungan
institusi, dekorasi dari ruangan, adanya suara, aroma fisik , cahaya
yang terpancar , cuaca yang baik, peletakan dan layout yang nampak atau
situasi lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli hal ini di
kemukakan oleh Belk 1974 dalam Assael 1992.
Demikian pembahasan pengertian marketing Mix
dan sedikir penjelasan unsur – unsur marketing mix secara global, jika
ada keslahan dan kekurangan saya persilahkan anda memberikan komentar di
bawah artikel ini untuk membenarkan yang salah atau menambahkan yang
kurang tentang pengertian marketing Mix ini . salam sukses.
0 komentar:
Posting Komentar